5 Cara Meningkatkan Mikroba, Bakteri Baik dalam Usus

243 views

goBloglah.Com – 5 Cara Meningkatkan Mikroba, Bakteri Baik dalam Usus, 5 Cara Meningkatkan Mikroba, Bakteri Baik dalam Usus

5 Cara Meningkatkan Mikroba, Bakteri Baik dalam Usus
5 Cara Meningkatkan Mikroba, Bakteri Baik dalam Usus – Kedengarannya aneh dan miris kenapa kita harus memelihara bakteri dalam tubuh kita. Bakteri atau mikroba ini identik dengan patogen jahat yang harus dijauhi dan dibunuh agar tidak hidup dalam tubuh manusia, padahal persepsi ini 100 persen salah. Kita butuh mikroba dalam tubuh agar kesehatan kita tidak terganggu. Mikroba sebenarnya ada dua macam yaitu mikroba baik dan jahat, dan yang menguntungkan kita adalah mikroba baik karena mereka membantu dalam proses pencernaan dan detoksifikasi.

5 Cara Meningkatkan Mikroba

Dalam setiap tubuh kita pasti ada mikroba dan bakteri yang menghuni, dan jumlah mmereka lebih banyak dari jumlah sel pada umumnya, keberadaan bakteri tersebut dalam usus adalah untuk mengeluarkan racun atau detoksifikasi dan melancarkan proses pencernaan. Untuk diketahui bahwa jumlah mikroba dalam usus kita mencapai 100 miliar, lebih banyak dari jumlah sel tubuh. Maka setiap tubuh yang kekurangan mikroba perlu mengetahui cara meningkatkan mikroba dalam usus.

“Setiap orang memiliki 100 miliar mikroba dalam ususnya, lebih banyak daripada sel-sel dalam tubuh. Mereka membantu pencernaan, detoksifikasi, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan memproduksi vitamin”

kata Frank Lipman, pendiri Eleven Eleven Wellness di Manhattan.

Bukan hanya itu, tetapi sebagian jenis mikroba bahkan bisa menjadi sangat dalam keperluan kesehatan kita, seperti jenis mikroba Firmicutes yang bisa mencegah obesitas, karena keadaan mikroba jenis ini akan menyerap banyak kalori dalam tubuh. Untuk lebih jelas tentang ini mari kita simak 5 cara meningkatkan mikroba dalam tubuh.

1. Makanann prebiotik
Makanan ini akan menyehatkan usus karena bakteri usus akan berkembang dalam suasa prebiotik. Makanan prebiotik ini bisa ditemukan dalam makanan-makanan seperti: akar sayuran, bawang, daun bawang, bawang putih, kacang-kacangan, gandum, dan pisang. Mikroba menganggap makanan tersebut sebagai sesuatu untuk mengunyah.

2. Jus Berwarna Hijau
Jus hijjau biasanya mengandung banyak serat sehingga bisa meningkatkan keragaman bakteri dalam tubuh. Tetapi sebaiknya anda memilih dari banyak macam sayuran hijau seperti bayam, sawi, asparagus, dll.

3. Makanan olahan perlu dihindari
Perlu diketahui bahwa makanan olahan yaitu makanan yang diolah terlebih dahulu bisa membunuh sebahagian besar bakteri baik dalam tubuh. Kebanyakan mengkonsumsi gula dan karbohidrat bisa mengurangi jumlah bakteri baik dalam usus.

4. Batasi mengkonsumsi anti biotik
Ketika kita jatuh sakit biasanya memilih jalan mengkonsumsi berbagai jenis anti biotik untuk penyembuhan, tetapi ini harus dibatasi, karena mengkonsumsi antibiotik dalam jumlah banyak justru bisa berakibat buruuk bagi kesehatan karena bisa membunuh dan mematikan bakteri baik dalam tubuh.

5. Perlu penambahan prebiotik
Makanan seperti kimchi, kombucha dan sauerkraut mengandung prebiotik yang tidak Anda sadari sebenrnya, dengan prebiotik ini bisa meningkatkan jumlah bakteri dan mikroba dalam usus. Atau anda bisa juga mengambil alternatif lain yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus acidophilus , Lactobacillus paracasei, Lactobacillus plantarum, Bifidobacterium longum, dan Bifidobacterium lactis.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang mikroba dan cara meningkatkan bakteri baik dalam usus. Semoga saja bisa membantu anda dalam meningkatkan kesehatan yang baik kedepannya.

Baca juga: Cara menghilangkan stretch mark ampuh
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  5 Cara Meningkatkan Mikroba, Bakteri Baik dalam Usus, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  5 Cara Meningkatkan Mikroba, Bakteri Baik dalam Usus berguna untuk anda.

Leave a reply "5 Cara Meningkatkan Mikroba, Bakteri Baik dalam Usus"