Cara Mengawinkan Ikan Cupang | Tips Ikan

553 views

goBloglah.Com – Cara Mengawinkan Ikan Cupang | Tips Ikan, Cara Mengawinkan Ikan Cupang | Tips Ikan

Cara Mengawinkan Ikan Cupang | Tips Ikan
Cara Mengawinkan Ikan Cupang – Bagi anda pemelihara ikan cupang anda perlu tahu cara mengawinkannya, karena ikan hias ini bisa dikawinkan sendiri dirumah dengan mudah. Namun demikian ada tips-tips yang perlu anda ketahui agar proses perkawinan ikan cupang bisa berjalan dengan lancar. Berikut cara dan tipsnya.

cara mengawinkan cupang

1. Seminggu sebelum anda kawinkan, pisahkan ikan cupang jantan dengan ikan cupang betina

Berikan ikan cupang betina dengan beragam makanan baik makanan yang hidup seperti jentik atau makanan kering, sering-seringlah menggantikan air dalam wadah pemeliharaan ikan cupang hias dengan air bersuhu suam-suam kuku. Ketika cupang siap dikawinkan maka perutnya akan kelihatan membengkak dengan ukuran diluar kebiasaan.

2. Biarkan cupang jantan ditangki atau wadah pemijahan selama beberapa hari agar dia membangun sarang dari gelembung-gelembung air yang ada diatas permunkaan air.

3. Selanjutnya pindahkan cupang betina kedalam wadah tempat cupang jantang (wadah pemijahan), anda akan melihat bahwa cupang jantang akan semakin agresif mengejar cupang betina dan menggigit siripnya. Kalau kelakuan sijantan seperti akan membinasakan sibetina sebaiknya pisahkan kembali dari cupang betina. Lakukan lagi cara ini untuk beberapa hari kemudian.

4. Tahap berikutnya cupang jantan mulai menggesekkan tubuhnya ke cupang betina. Dan kemudian ikan cupang betina mulai melepaskan telurnya dan di ikuti oleh cupang jantang yang mengeluarkan spermanya untuk membuahi telur ikan cupang betina. Tahap selanjutnya cupang jantang akan mengambil telur-telur dengan mulutnya dan meletakkannya kedalam gelembung udara yang dibuatnya

5. Setelah proses ini terjadi, pindahkan cupang betina dari jantan, biarkan sicupang jantang bersama telur-telur dalam gelembung udara.

6. Setelah 2 sampai 3 hari setelah perkawinan, ludah ikan cupang jantan akan menyebabkan telur-telur cupang betina mulai menetas

7. Pindahkan juga ikan cupang jantang setelah dua hari, setelah anak-anak ikan cupang mulai bisa berenang sendiri secara mandiri.

Itulah beberapa tips cara mengawinkan ikan cupang hias dalam wadah dirumah. Mudahkan, anda bisa melakukannya sendiri. Yang penting adalah berani mencoba dan suka mencoba sehingga anda akan tahu dan berpengalaman.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Mengawinkan Ikan Cupang | Tips Ikan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Mengawinkan Ikan Cupang | Tips Ikan berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Mengawinkan Ikan Cupang | Tips Ikan"