Inilah Alasan Kenapa Informasi Hoax Mudah Tersebar di Facebook

Facebook adalah media yang serbaguna yang digunakan semua kalangan, salah satunya adalah sebagai tempat penyebaran informasi yang sangat uptodate. Ditambah lagi terkadang seseorang aktive difacebook biasanya membaca informasi berita yang dia follow atau ikuti. Berbagai niche atau katagorri yang ada difacebook seperti agama, politik, sains, dunia, olahraga, dan lain lain yang sehingga kita tidak perlu cape cape membeli koran atau keluar mencari sebuah informasi karena cukup mengakses facebook nanti informasi akan otomatis muncul di wall facebook.

Seiring dengan waktu ada pihak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan ini untuk mencari keuntungan dengan memanfaatkan passive user facebook yaitu pengguna facebook yang malas bertabayyun atau malas berteliti mengecek kebenaran berita sebelum mengeshare. Ketidak telitian inilah yang mungkin memberikan ide pada oknum penyebar hoax untuk memanfaatkan hal ini untuk keuntungan mereka seperti mencari trafik, mencari trend, mencari follower, atau liker yang tentunya semua ini bisa menghasilkan uang. Ini hanya satu selanjutnya kami akan menampilkan alasan kenapa informasi hoax mudah tersebar difacebook

1. Malas meneliti kevalidan berita
Kebanyakan dari kita hanya membaca berita dari sumber yang sehingga ketika sumber itu melakukan kesalahan kita juga bakal ikut ikutan salah, dan dampaknya juga merugikan diri kita dan bisa jadi ini bahaya jika tersebar. Hal seperti ini patut dihindari demi terhindarnya salah sangka orang lain terhadap kita dan menghindari cekcok difacebook.

2. Berasal dari sumber informasi yang kurang terpercaya
Sekarang banyak sekali media media yang menyatakan memberikan informasi secara aktual dan terpercaya namun kebanyakan dari media tersebut juga memberikan berita yang tidak valid yang cenderung hoax bahkan dibuat buat. Biasanya media seperti ini hanya mengejar trafik karena media mereka dimonetasi dengan iklan yang pertingungan trafik dan klik iklan sehingga menghasilkan uang.

3. Kebiasaan user yang hanya membaca judul
Sering sekali kita menemukan seseorang share sebuat website yang dia sendiri tidak tau isinya namun hanya membaca judul, pengguna seperti ini berkontribusi dalam penyebaran informasi hoax. Tak jarang juga ramai orang tertipu karena ulah user seperti ini dikarenakan orang lain mengira dia mengeshare informasi valid, selain itu juga teman facebooknya juga kemungkinan mengunjungi situs yang dishare user tersebut dikarenakan tingkat kepercayaan. Hindarilah hal ini karena ini akan merugikan dirimu sendiri karena engkau akan dicaps penyebar hoax dan tingkat kepercayaan orang lain berkurang terhadapmu.

4. Bermodus agama
Yang seperti ini sering terjadi difacebook dimana penyebaran informasi haox berkedok agama sangat digemari orang orang yang pengetahuannya minim namun kecintaan terhadap agama yang tinggi. Sebenarnya saya cukup kasihan dengan tipe orang seperti ini karena kecintaan seperti ini sangat tidak tepat karena justru melecehkan agama sendiri. Ditambah lagi penyebar hoax biasa menggunakan akun yang menyamar sebagai ustadz atau publik figur. Saya ingin menasehati, jikalau kalian ingin belajar agama namun kalian tidak memiliki kemampuan untuk mencari guru ini adalah website yang cukup terpercaya demi menyalurkan kecintaan kalian terhadap agama yaitu YUFID.COM

5. Biasa berisi berita yang kontra
Informasi yang kontra biasanya cepat sekali menyebar apalagi yang kontra berbau politi yang menjatuhkan salah satu pihak, kebanyakan informasi yang disebar cenderung hoax yang bersumber dari situs situs monetize yang tujuannya hanya mencari pundi pundi dollar. Selain itu juga berita yang kontra ini banyak menimbulkan perdebatan dan kebencian yang bisa terjadi kekerasan didunia nyata. Sebaiknya ini ditinggalkan agar reputasi dirimu tidak buruk dimata orang dan dirimu terselamat dari berita hoax.

Ini hanyalah beberapa alasan kenapa informasi hoax dengan mudahnya menyebar difacebook, semoga dengan informasi ini bisa menghindarkan kita dari informasi hoax.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *