Mengapa domain 1 kata harganya terbilang mahal

Domain .id 1 kata

Didunia internet seperti ini siapa yang tak kenal dengan domain, seluruh website pasti memiliki domain sebagai identitas websitenya, saat ini ada jutaan domain yang sudah terdaftar baiik dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini menjadikan bisnis jual beli domain menjadi populer dikalangan pebisnis dan tak jarang kita menyaksikan perusahaan penyedia domain berlomba lomba dalam menggaet pembeli domain seperti memberlakukan diskon, memberikan fasilitas yang baik, harga renew yang relatif murah, dan pelayanan yang baik.

Di Indonesia sendiri cukup banyak layanan atau perusahaan penyedia domain baik itu perusahaan berbasis ukm maupun perusahaan gede, namun topik bahasa kita bukanlah itu tapi kenapa harga domain 1 kata begitu berharga. Kita cukup sering menjumpai website website ternama yang menggunakan domain pendek, keren, dan mudah di ingat yang salah satunya domain 1 kata. Dengan menggunakan domain 1 kata cenderung domain tersebut mudah diingat para pengunjung, selain itu juga domain 1 kata jarang sekali terjadi typo pada pengetikan karena hurup perhurufnya yang sudah melekat di otak kita.  Selain itu juga terkadang ada visitor yang iseng mengetik kata yang mereka sukai dengan mencari di google atau langsung dibar url, biasanya ini berlaku untuk ekstensi domain com, net, org yang sudah familiar dimasyarakat. Seperti contoh seorang petani yang ingin mencari informasi seputar tani, biasanya para visitor langsung mengetik petani.com atau petani.net atau petani.org, hal ini suatu kelebihan yang harus dimiliki website perusahaan

Selain itu juga domain 1 kata memiliki nilai kepercayaan tersendiri di mata masyarakat yang gemar berkunjung kewebsite website yang disukainya, semisal seseorang ingin menuju kewebsite petani tentunya dia pasti cenderung lebih percaya sama website petani.com dibanding sama website p3t4n1.com dikarenakan mereka berpikir kebanyakan typo itu tidak professional dan pastinya kita juga berpikiran seperti itu dan itu sangat lumrah sekali

Domain 1 kata menunjukkan niche dari website yang menggunakan domain tersebut, jika kita ingin mengetik domain petani.com pastinya pikiran kita adalah tertuju pada website pertanian, toko pertanian, dan lain lain dan kita tidak berpikir kearah lain yang hal ini juga menjadikan perusahaan yang menggunakan domain 1 kata menang 1 langkah lagi dalam segi niche. Sangat sia sia jika kita memanfaatkan domain 1 kata namun niche yang dipakai malah ngaur.

Saat ini pasar domain 1 kata dinegara Indonesia belum diminati dikarenakan perusahaan kebanyakan lebih fokus ke pasar offline namun untuk diluar negeri domain 1 kata sangat bernilai bahkan hingga  ada domain yang dihargai jutaan dollar, iya dollar bukan rupiah yang salah duanya adalah software.com dan diamon.com terakhir terjual dengan harga 7 juta dollar . Kebayang gak tuh harganya, dan yang beli juga bukan perusahaan kecil loh pastinya mereka sudah berpikir matang matang sebelum membeli domain tersebut.

Mari kita buktikan kenapa domain 1 kata tersebut bisa mahal begitu ya, kita ambil contoh software.com. Software, siapa yang tidak tau kata software bagi yang sudah mengenal Internet. 90% isi komputer kita itu software semua dan tdak diragukan lagi itu, bahkan browser yang kita pake juga software cuma brandnya ada mozilla, opera, dll. Jadi wajarlah harga domainnya juta jutaan, yang apalagi sekarang banyak software yang tidak bisa didapati secara gratis, kalaupun gratis tentunya fungsinya terbatas dan untuk membuka batas tersebut pasti bayar buat dapetin akses premium. Domain seperti ini sebenarnya cocok untuk maarketplace software cuma saya rasa yang membeli domain ini bukanlah perusahaan software melainkan Penjual domain juga, kemungkinan dia berinvestasi disini.

Selain itu Diamond.com ini harganya mahal, dan barang yang dijual juga mahal. Siapa yang tidak kenal diamond? sebuah niche perhiasan yang harga berlian untuk sekarang harganya selangit. Tentunya yang beli domain ini bukan orang gila karena sudah dipertimbangkannya matang matang.

Saat ini kami hanya mendapat report bahwa domain dengan bahasa Indonesia ada yang dibeli dengan harga ribuan dollar namun itu bukan premium 1 kata, seperti blanja.com yang dibeli dengan harga $2000 yng sekarang menjadi website marketplace Indonesia dan maling.com yang saya kurang tau berapa harganya yang dibeli oleh orang china, mungkin ada tertawa kenapa domain maling dibeli, jawabanya saya tidak tau namun kuat kemungkinan tidak digunakan untuk komunitas maling ataupun organisasi maling karena yang beli China dan saya melihat domain maling.com ini terdiri dari 2 kata jika di baca dari bahasa china yaitu Ma dan Ling, untuk Ma saya tidak tau namanya tapi untuk Ling nama ini tidak asing karena teman sekolah SD saya dulu Ling Ling.

Begitu sajalah informasi yang ingin saya bagikan, semoga berguna buat kita semua. Saya ingatkan juga, walau agan sudah tau harga domain 1 kata itu mahal namun jangan langsung menghabiskan hartaanya untuk beli domain 1 kata tanpa pertimbangan. Boleh boleh saja beli namun pertimbangkan juga dompet kita. Lagipula mencari end user itu tidaklah mudah, hal itu seperti mencari kerikil ditumpukan gabah. Jangan berspekulasi dalam berbisnis atau berdagang tapi pikirkan juga marketnya. sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *