Perlukan Memberikan Nama Merek Pada Produk Kita

Memiliki merek yang dikenal dimasyarakat tentunya hal yang di idolakan setiap penjual atau pengusaha, itu dikarenakan merek yang sudah dikenal baik akan memiliki nilai tersendiri dimata masyarakat dan kadang mereka tak segan segan mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli mereka tersebut padahal kualitas tidak jauh beda dengan merek lain yang harganya cenderung lebih murah.Inilah nilai lebih jika merek produk kita sudah terkenal dengan kualitas yang baik

Selain itu juga memiliki merek yang dikenal dimasyarakat juga akan memperlancar perdagangan online seperti jual beli online difacebook. Ini justru sudah terbukti yang semisalnya anda menjual produk A yang terkenal maka pembeli hanya menanyakan harga dan tidak bertanya detail produk, jika dikira harganya murah dari lapak sebelah maka calon pembeli akan langsung membayar tanpa tanya bagus atau tidak kualitasnya.

Lantas bagaimana cara menentukaan nama merek untuk sebuah produk kita

Hal yang pertama yang kita lakukan adalah ceklah trademark merk yang akan kita gunakan, pastikan tidak ada nama merek yang sama dengan nama merek yang akan kita pakai menjual produk yang sama atau lebih baik cari nama merek yang belum terdafar sama sekali oleh perusahaan atau ukm manapun.

Pastikan nama merek produk kita adalah unik, karena keunikan ini akan menjadi daya tarik sendiri. Selain itu pastikan nama merek kita mudah dieja dan dibaca seperti kata yang sekali baca membekas diIngatan calon pembeli, hal ini menjadi nilai positif bagi produk kita karena mudahnya diingat nama merek kita.

Sebisa mungkin nama merek produk kita berhubungan dengan nama jenis produk kita, misalnya produk yang kita jual adalah sepatu maka sebisanya berikan nama yang unik dan mudah dingat seperti sepatukul yang jika dibaca ini sepatu buat anak gaul atau anak kuliah atau anak sekolahan. Nama seperti ini mudah diingat dan jika mendengan nama sepatukul orang sudah tau bahwa yang dijual adalah sepatu dan tidak mungkin sepatukul menjual makanan.

Kesalahan yang sering dilakukan pemilik produk

Menjiplak nama merek orang lain, hal ini justru menjadi kerugian karena selamanya produk anda akan menjadi nomor 2 atau nomor sekian dan tidak mungkin produk anda diatas produk pemilik merek. Selain itu juga menjiplak merek orang lain bisa dikenakan sangsi pidana dan denda berupa uang. Tentunya anda tidak maukan.

Memakai nama merek yang mirip dengan merek produk orang lain yang menjual barang yang sama, hal ini juga kerugian bagi kita karena kita justru mempromosikan pemilik merek yang pertama kali muncul, yang secara tidak langsung kita mengakui produk mereka itu bagus.

Memakai nama merek yang sulit dieja dan dibaca, hal ini membuat merek produk kita mudah dilupakan masyarakat dan mungkin sebagian orang hanya tau produk kita namun tidak tau nama. Ini sama halnya kenal muka namun tidak kenal nama, jadi jika pembeli ingin merekomendasikan keorang lain bahwa produk kita bagus tentunya akan sulit menggambarkannya.

Memakai nama merek yang justru menuju kejenis produk lain namun yang dijual berbeda jenis lagi, semisal anda jual sepaatu namun memakai merek pecelenak yang kita tau pecel itu nama makanan dan enak itu lezat. Tentunya ini akan asing namun bisa saja menjadi booming tapi lambat laun akan dilupakan.
Mungkin hal ini saja yang saya sampaikan seputar perlukah merek produk untuk jenis produk yang akan kita jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *