Simak Beberapa Gejala Kerusakan Karburator Motor yang Sering Kali Terjadi

297 views

Jenis kendaraan roda dua atau motor memang termasuk yang paling banyak dijadikan sebagai pilihan oleh masyarakat untuk menunjang kebutuhan transportasi mereka. Apalagi jika melihat dari segi harganya sendiri jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil, sangat cocok digunakan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Ada banyak sekali pilihan merk dari kendaraan ini yang ada di pasaran dan bisa dijadikan sebagai pilihan. Untuk Anda yang khususnya memang memiliki kendaraan sendiri pastinya sering kali bermasalah dengan karburator motor bukan.

 Cara Membersihkan Karburator Motor

Sarana yang satu ini bagaimanapun fungsinya terbilang vital, besar dan menunjang daya hidup untuk kendaraan, ketika sudah mengalami masalah sering kali motor tidak bisa lagi menyala atau digunakan. Sehingga mau tidak mau tentunya harus melakukan perbaikan, setidaknya ada beberapa macam gejala atau ciri-ciri kendaraan yang bermasalah dengan karburatornya, diantaranya adalah:

  1. Motor tidak mau langsam, ketika hal ini terjadi maka bisa jadi bagian karburator ini yang mengalami masalah, adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya adalah dengan mulai membersihkan bagian pilot jet, karena mungkin kotoran yang tersumbat membuat masalah disini, periksa bagian posisi piston atau katupnya hingga ke sambungan dari karburator tersebut bisa jadi yang bermasalah. Anda juga harus melihat bagian selang dari vacum karburator, karena bisa jadi bagian ini sudah retak dan minta diganti dengan yang baru.
  2. Karburator motor tidak mau hidup, kondisi semacam ini juga paling sering terjadi berhubungan dengan bagian karburator kendaraan tersebut, jika ciri-cirinya adalah motor yang tidak kunjung hidup berarti masalah bisa terjadi karena beberapa macam hal, diantaranya adalah selang bahan bakar tersebut mengalami sumbatan dengan kotoran sehingga tidak dapat mengalir dengan benar, mangkuk pada bahan bakar yang kotor dan tertimbun dengan air biasa, sehingga menyebabkan kendaraan tidak mau hidup, hingga kemungkinan yang lainnya adalah pelampung pada bagian bahan bakar tersebut bocor, sehingga bensin tidak dapat mengaliri mesin pembakaran.
  3. Karburator banjir, kondisi semacam ini bisa dideteksi lewat beberapa gejala, diantaranya adalah jarum pelampung mengalami kerusakan atau aus, penyebab lainnya adalah bagian pegas dari pelampung tersebut sudah patah sehingga tidak bisa digunakan kembali, permukaan dari bahan bakar terlalu tinggi, hingga pelampung yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya, tentunya patut untuk dilakukan pengecekan sehingga nantinya bisa digunakan kembali.
  4. Timbulnya masalah ketika sudah dikendarai, cirinya memang motor tetap mau menyala, namun ketika sudah berkendara tiba-tiba mati atau mengalami masalah, hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor pada bagian karburator kendaraan tersebut, diantaranya adalah saringan dari bahan bakar sangat kotor, sehingga tidak memungkinkan untuk mengalir kembali, bagian saluran ventilasinya tersumbat, hingga bagian skep yang mengalami aus.

Berbagai macam masalah sangat mungkin terjadi pada karburator motor, jangan anggap hal ini remeh, karena jika bagian ini rusak, maka akan sangat berpengaruh pada kendaraan Anda, tidak akan bisa hidup hingga dikendarai, karena komponen ini sangat berhubungan dengan penggunaan bahan bakar. Untuk itu harus segera dicek dan lakukan perbaikan. Bahkan pada beberapa orang sering kali mengganti karburator lamanya dengan yang baru, karena memang merusakkan yang terjadi sudah bertambah parah. Namun pikir-pikirkan lagi jika ingin menggantinya dengan alasan untuk modifikasi atau membuat tampilan kendaraan jadi lebih cantik, mengingat akan mempengaruhi kinerjanya juga.

Leave a reply "Simak Beberapa Gejala Kerusakan Karburator Motor yang Sering Kali Terjadi"