Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur

370 views

goBloglah.Com – Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur, Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur

Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur
Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur – Sayuran memang sangat penting dikonsumsi sehari-hari, mengingat sangat banyak anti oksidan dalam sayur yang bermanfaat untuk kesehatan. Untuk itu tidak hanya mengkonsumsi sayuran tinggi anti oksidan saja yang penting, tetapi jauh leibh penting memperhatikan cara agar anti oksidan dalam sayur tidak hilang.

Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur

Dalam bukunya keajaiban anti oksidan, priska siagian mengatakan bahwa sayuran super mengandung ORAC tinggi, selain perlu mengkonsumsinya setiap hari juga perlu cara agar manfaat anti oksidan tidak hilang.

Tips menjaga Anti Oksidan dalam Sayur

1. Bayam.
Bayam adalah sayuran yang berwarna hiju dan sebahagiannya yang berwarna merah. Bayam mengnadung banyak anti oksidan didalamnya. Zat lutein yang ada dalam bayam adalah anti osidan yang bermanfaat untuk memberikan warna pada makula mata. Tanpa adanya lutein maka mata tidak dapat menangkap warna pada benda, maka mengkonsumsi bayam sangat penting untuk menjaga mata tetap sehat dan terhindari dari kabur, katarak dan degenerasi makula.

Agar anti oksidan dalam bayam tidak hilang, anda perlu memperhatikan cara memasak bayam. Masaklah bayam dengan cara menumis atau memasak kuah bening dan gunakan minyak zaitun sebagai minyak goreng.

2. Bawang Putih
Bawang putih memiliki bau yang sangat menyengat, ini dikarena dalam bawang putih mengandung sulfur, zat berbau ini bermanfaat dalam mengencerkan darah sehingga aliran akan selalu lancar, mencegah terjadinya radikal bebas dalam pembuluh darah dan mengusir berbagai jenis jamur yang ada dalam tubuh.

Cara memasak bawang putih yang benar dan tidak menghilangkan anti oksidan dan zat pelawan penyakit didalamnya adalah dengan memanggang bawang putih. Cara ini terbukti bisa menjaga banti oksidan dalam bawang putih tetap kekal.

3. Buah Tomat
BUah tomat termasuk sayuran super yang mengandung banyak anti oksidan dalamnya. Dengan mengkonsumsi banyak tomat maka penyakit-penyakit seperti masalah mata, paru-paru, usus, payudara, hingga prostat bisa ditekan. Anti oksidan yang ada dalam tomat adalah LIKOPEN yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Dalam buah tomat juga mengandung glutation yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Cara memasak buah tomat yanng bagus dan bisa menjaga anti oksidan adalah dengan menggorengnya. Tetapi perhatikan minyak yang anda gunakan, gunakan minyak tak jenuh seperti minyak zaitun, dan bekatul, tujuannya adalah agar kolesterol dalam tubuh tetap terkontrol.

4. Wortel
Wortel adalah sayuran lain yang mengnadung banyak anti oksidan. Anti oksidan dalam sayuran wortel bermanfaat untuk melindungi sel mata dari radikal bebas. Wortel juga bisa melindungi tenggorokan, paru-paru, jantung, payudara, dan usus dari sel kanker.

Cara memasak wortel agar tetap terjaga anti oksidannya adalah dengan merebusnya. Wortel yang dimasak akan lebih optimal anti oksidannya ketimbang wortel yang dimakan secara mentah. Dengan memanaskan wortel juga akan mengaktifkan rantai anti oksidan didalamnya, sehingga bisa menanggulangi berbagai masalah mata.

5. Daun bawang
Daun bawang adalah sayuran yang mengandung banyak anti oksidan. Anti oksidan didalam daun bawang bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan melindungi tubuh dari berbagai masalah pembuluh darah, sehingga bebas dari diabetes.

Cara mengkonsumsi daun bawang adalah dengan memasukkan daun bawang dalam masakan 5 menit sebelum masakan di angkat. Tujuannya agar anti oksidan dalam daun bawang tidak hilang teroksidasi.Pilih daun bawang yang hijau pekat dan memiliki bagian batang putih.

6. Asparagus
Asparagu adalah sayuran penting dalam diet. Asparagus mengandung banyak glutation, bahkan menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat, mengatakan bahwa asparagus adalah sayuran paling banyak mengandung Glutation yang merupakan enzim pembentuk Anti oksidan. Sayuran ini sangat bagus dalam melawan sel kanker dalam tubuh.

Cara mengkonsumsi asparagus adalah bisa dengan berbagai cara, seperti memanggang, memasak, merebus, atau bahkan dimakan langusung. Dalam memilih asparagus pastikan pucuknya tidak rusak atau busuk karena bagian ujung inilah yang terdapat banyak asam folat yang mencegah dari gangguan kardiovaskular.

Inilah beberapa tips menjaga Anti Oksidan agar tidak hilang dalam sayur. Dengan sedikit tips hari ini, maka kita bisa menjaga keberadaan anti oksidan tetap terjaga dalam sayuran sehingga sayuran memiliki manfaat yang optimal untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: sumber vitamin A
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur berguna untuk anda.

Leave a reply "Tips Menjaga Anti Oksidan dalam Sayur"